Kakanwil Kemenag Jateng Resmikan Portal Riset MTS Negeri 1 Jepara ; “Menjadi yang Pertama Itu Luar Biasa”

Jepara – Bertempat di Aula MTs Negeri 1 Jepara, Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad resmikan Portal Riset MTs Negeri 1 Jepara, Rabu (9/6/2021). Peresmian Portal Riset merupakan salah satu upaya MTs Negeri 1 Jepara untuk menindaklanjuti program madrasah, yaitu Madrasah Literasi Berbasis Riset.

“Hal yang dilakukan oleh MTsN 1 Jepara dalam menguatkan literasi dan bahkan dalam riset sudah mengalami kemajuan. Ini yang pertama di Jawa Tengah menjadi Madrasah Literasi Berbasis Riset dengan Portal Riset. Portal Riset ini menjadi wadah untuk menampung  hasil karya siswa – siswi kita dan bahkan dapat dikembangkan lebih luas lagi, serta memungkinkan orang-orang di luar Jepara untuk mengaksesnya. Menjadi yang pertama itu luar biasa. Dan ini menjadikan bukti bahwasannya madrasah itu unggul, hebat, dan bermartabat,” jelas Musta’in Ahmad, Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng

“Mudah-mudahan prestasi yang telah dicapai MTs Negeri 1 Jepara, dapat terus dijaga dari hari ke hari, waktu ke waktu menjadi semakin lebih baik. Karena pada dasarnya kebersamaan dan kekompakanlah yang menjadikan lembaga ini semakin lebih maju,” harap Musta’in Ahmad.

Acara ini mampu menarik perhatian puluhan orang yang hadir, karena proses launching portal riset menggunakan sensor tangan Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berkas. “Ini bukan launching portal untuk tingkat MTs, namun sudah sekelas universitas,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Musta’in Ahmad didampingi oleh Muh. Habib, dan Miftakhudin memberikan apresiasi kepada 17 siswa-siswi MTsN 1 Jepara yang berprestasi selama kurun waktu 5 bulan terakhir.  Kankemenag Kab. Jepara, Muh. Habib mengungkapkan kebanggaannya “Prestasi yang diperoleh oleh madrasah negeri  dalam naungan Kementerian Agama Kecamatan Batealit  Kabupaten Jepara khususnya MTsN 1 Jepara tentu tidak datang secara tiba-tiba. Semuanya butuh proses, melalui kerja keras, dan perjuangan. Saya sangat pengapreasiasi para guru dan siswa-siswi yang mampu berjuang untuk menjadikan madrasah ini maju. Dengan adanya portal riset ini menjadi bukti bahwa MTs Negeri 1 Jepara mampu menunjukkan perjuangan dan kerja kerasnya untuk sampai dititik ini,” jelasnya.

Kepala MTs Negeri 1 Jepara mensyukuri, portal riset ini menjadi pertama di Jawa Tengah. “Rasa syukur yang mendalam saya ucapkan kepada Allah SWT dan seluruh TIM yang bekerja dengan sangat baik. Sehingga MTsN mampu melaunchingkan portal riset. Portal riset  ini terwujud tentu tidak mudah. Kami harus melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama bermula dari Literasi Kewirausahaan yang menghasilkan Roompy (Mushroom/Jamur Krispi), Bajabo (Bakso Jamur Kribo), Najabo (Nugget Jamur Kribo), Able (Abon Lele), Pongker (Tempong Kering). Kemudian tahapan kedua, yaitu Literasi Digital berupa stasiun siaran mini LTv. LTv yang mampu menampung semua hasil karya seni anak. Dan tahapan ketiga, yaitu Literasi Majalah Mini Riset. Dari ketiga tahapan itu, kami melangkah menuju yang lebih tinggi dengan membuka portal riset. Portal tersebut akan kami isi dengan hasil mini riset dari siswa-siswi MTs Negeri 1 Jepara.”

“Harapan kami, semoga dengan launching portal riset ini akan menambah semangat bagi guru dan peserta didik untuk menggapai cita-cita menjadi madrasah yang berprestasi,” harap Miftakhudin. (Nisa_)