Format Data Emis untuk RA Madrasah Semester Gasal TP 2015/2016

MTsN Bawu Jepara – Pendataan disetiap intansi Madrasah menjadi kegiatan rutin setiap satu semester guna mengetahui kefalitan data yang dimiliki setiap intansi Madrasah. Sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam seluruh madrasah wajib melakukan pemutakhiran data melalui sistem pendataan satu pintu yakni melalui aplikasi EMIS (Education Management Information System).

SK Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemeterian Agama RI, tertanggal 2 Juli 2015 telah menetapkan surat edaran terbaru Nomor : Dj.I/Set.I/PP.00.11/2049/2015 Perihal Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.
 
Sebelum melakukan pendataan ulang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan Pemutakhiran Data EMIS Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016, salah satunya sebagai berikut :
  1. Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan dibawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam meliputi : Pendataan RA, MI, MTs, MA dan Pengawas Madrasah, Pendataan Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Taklimiyah, Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) serta Ponpes Penyelenggara Program Wajar Dikdas, Pendataan Guru PAI pada Sekolah dan Pengawas PAI, Pendataan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Pendataan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS).

  2. Setiap satuan pendidikan, peserta didik, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan dibawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjen Pendidikan Islam secara lengkap dan akurat, sesuai petunjuk pengisian data yang tersedia.

  3. Bagi satuan pendidikan (RA, MI, MTs, MA, Pondok Pesantren, Diniyah Taklimiyah, LPQ, PTKIN, PTKIS), Guru PAIS, Pengawas Madrasah dan Pengawas PAIS yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, tidak akan diakui keberadaanya oleh Kementerian Agama RI dan secara otomatis tidak berhak untuk mendapatkan layanan dalam bentuk  apapun dari Ditjen Pendis (temasuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang ada didalamya).

  4. Pelaksanaan Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 dimulai sejak tanggal 2 Juli 2015 dan akan berakhir pada tanggal 3 Oktober 2015 dan bagi setiap Operator data EMIS diwajibkan melakukan registrasi terlebih dahulu melalui laman web : http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm

Surat Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Format Pemutakhiran Data Emis Untuk RA dan Madrasah silahkan anda download dibawah ini sesuai dengan tingkat satuan pendidikan anda.

Format Data Emis untuk RA Madrasah Semester Gasal TP 2015/2016

Sekian informasi dari website MTsN Bawu yang kami ambil dari sumber kemenag.go.id mengenai Format Data Emis untuk RA & Madrasah Semester Gasal TP 2015/2016.