Pembukaan Aksioma 2015 diLaksanakan di MTsN Bawu

BAWU – Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) 2015 akan dibuka Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muhdi, di MTs Negeri Pecangaan di Bawu, Betealit, Senin (27/4) pagi ini.

”Peserta yang ikut Aksioma tingkat kabupaten sudah diseleksi di masing-masing Kelompok Kerja Madrasah,” ujar Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Jepara Hastuti Harjanti, kemarin.

Para juara tingkat kabupaten, ujarnya, akan menjadi wakil Jepara untuk kegiatan yang sama di tingkat Provinsi pada 4 Juni mendatang, dan juara provinsi akan maju ke tingkat nasional. ”Setelah pembukaan, pelaksanaan lomba digelar di lima tempat, MIN, MTsN dan MAN Bawu, serta gedung Angkasa Pekalongan Bateliat, dan Stadion Gelora Bumi Kartini,” imbuh Hastuti.

Bibit Baru

Ketua Panitia Aksioma yang juga Kepala MAN Bawu Amiruddin Aziz menjelaskan peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) 13 KKMI, 98 peserta. Tingkat MTs, dari 3 KKMTs 171 peserta, dan MAdari dua KKMA ada 108 peserta.

Cabang yang dilombakan untuk putra dan putri, seni terdiri atas, hadrah, pidato bahasa Arab, menyanyi lagi religi, kaligrafi, MTQ. Untuk olahraga, tenis meja, bulu tangkis, serta lari untuk MTs dan MA 100 meter dan 400 meter.

Sedang MI 60 meter. Kakankemenag Jepara Muhdi berharap, melalui Aksioma tahun ini dapat melahirkan bibit baru dalam seni dan olahraga. Kepala MTsN Bawu , Nur Salam menambahkan, siap menjadi tuan rumah yang baik untuk pembukaan. (kar-44)