Peringati Isra Mi’raj, MTsN 1 Jepara Mengingat Perjuangan Nabi Muhammad yang Menginspirasi

MTsN 1 Jepara- Isra Mi’raj merupakan salah satu peringatan penting umat Islam yang menginspirasi menjadi orang yang lebih baik. Acara yang dihadiri oleh Drs. Akhmad Yazid, M.M selaku ketua komite, Drs. H. Miftakhudin, M.Pd.I selaku kepala madrasah, guru serta pegawai MTsN 1 Jepara pada Selasa (9/3/2021) berlangsung dengan khidmat.

Bertempat di Mushola Al-Mubarok MTsN 1 Jepara, sebuah refleksi peringatan Isra’ Mi’raj disampaikan dengan runtut oleh Muhammad Fida Busyro Karim, M.Pd.I. “Isra’ yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW dengan menaiki buraq bersama Malaikat Jibril dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Yerussalem Palestina. Sedangkan Mi’raj yaitu perjalanan Nabi Muhammad SAW yang ma’arij (bertingkat-tingkat), setiap tingkat bertemu dengan malaikat dan menuju langit ketujuh. Isra Mi’raj inilah merupakan sebuah puncak bagi Nabi Muhammad SAW. Puncak penderitaan, puncak perjuangan beliau selama 13 tahun,” jelasnya.

“Perjalanan luar biasa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, menjadi salah satu teladan dan bukti, bahwa segala sesuatu di bumi tidak ada yang tidak mungkin. Jika Allah sudah berkehendak, maka akan terjadi,” imbuh Fida.

Kepala MTsN 1 Jepara menjelaskan bahwa fungsi Isra Mi’raj diantaranya sebagai penghibur bagi Rasulullah dan perintah sholat yang diberikan Allah langsung kepada Rasulullah. “Dari perjalanan Rasulullah yang panjang, beliau mendapatkan banyak oleh-oleh yang harus disampaikan kepada umatnya, diantaranya shalat.

Shalat merupakan perintah langsung yang disampaikan Allah kepada Rasulullah SAW. Oleh karena itu, setiap kali kita mendengar adzan berkumandang, kita senantiasa mengambil wudlu dan melaksanakan sholat berjamaah maupun sendiri,” jelas Miftah.
“Mari kita perbaiki ibadah kita, mulai dari shalat dengan tepat waktu. Jika shalat kita sudah berkualitas, maka akhlakul karimah akan mengikutinya. Dan Semua itu akan berpengaruh terhadap hubungan antar manusia,” harapnya.