Peraih Nilai Tertinggi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs 2011/2012

JEPARA,  Rahardian Rizal Akmal, siswa kelas 9A MTs Negeri Pecangaan di Bawu, Batealit, adalah salah satu siswa yang meraih  nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs 2011/2012. Dengan prestasi yang diraihnya, Akmal mendapatkan tambahan bonus dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Drs. Muhdi Zamru MAg, pada perpisahan kelas IX di halaman madrasah, Sabtu (2/6).

Pemberian bonus tambahan itu diberikan spontan oleh Muhdi pada saat tampil memberikan mauidhah hasanah. ”Mana tadi yang mendapatkan nilai UN tertinggi, ayo maju ke sini,” ujar Muhdi, yang didampingi Kepala MTsN Bawu Ali Musyafak SAg M.Pd.I dan Habib Farid Assegaf saat menyerahkan tambahan bonus.

Sebelum itu, Muhdi juga memberikan bonus kepada siswa penampil pantomim dan siswi yang mewakili pemeran drama berbahasa Inggris dengan lakon ketidakadilan peradian di negeri ini.

Sebelumnya, Waka Kurikulum Sumaryo S.Pd mengumumkan siswa masuk ”10 Besar” peraih nilai UN dan Ujian Madrasah Berstamdar Nasional (UMBN). Sepuluh siswa mendapatkan bonus dari kepala madrasah juga ada seorang orang tua siswa kelas IX yang turut memberikan uang penghargaan bagi sepuluh siswa berprestasi.

Selain itu, Kepala madrasah juga memberikan penghargaan dan pemberian uang pembinaan kepada siswa peraih nilai 10 UN. Untuk Matematika 2 anak, dan IPA 9 siswa. Rahardian Rizal Akmal meraih uang pembinaan paling banyak. Sebab, dia meraih nilai sempurna untuk Matematika dan IPA, Untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing 9,60.

Putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Zaenal Tiski Taufan dan Nikmatul Kholidah, warga Kelurahan Pengkol RT 2/RW 6, Jepara, telah diterima di tiga sekolah favorit. Pertama SMAN 1 Jepara, MAN 2 Kudus, dan terakhir MAN Insan Cendekia Serpong se Indonesia hanya diambil 120 siswa.

Saya belum memastikan, apakah Akmal peraih tertinggi di Kabupaten Jepara. Sebab, belum ada penjelasan resmi dari Disdikpora Kabupaten Jepara. Kami bersyukur, 383 siswa kami yang merupakan jumlah terbanyak peserta UN SMP/MTs, semuanya lulus” ujar Ali Musyafak.

Sebagai pembanding, Kepala SMPN 1 Jepara Drs Cahyo Purwanto mengatakan, peraih nilai UN tertinggi disekolahnya, Denisa Fika Tanti (kelas 9H) 39,10. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing 9,80, Matematika dan IPA  masing-masing 9,75. Sejumlah kepala sekolah saat dimintai informasi perolehan nilai UN tertinggi di sekolahnya belum bisa memberikan data.

Sementara, Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Drs Mohammad Zahid MPd saat mengahdiri perpisahan di SMPN 1 Jepara, juga belum bisa menyampaikan perolehan nilai UN tertinggi tingkat Kabupaetn Jepara. Yang sudah jelas, kata Zahid,  sebanyak 100 siswa terdiri atas 53 siswa SMP, dan 47 siswa MTs yang tak lulus UN tahun ini.

( Sukardi / CN34 / JBSM ) Sumber Suara Merdeka