MTsN 1 Jepara Raih Juara Dua Nasional dalam OFIN 2020

MTsN 1 Jepara – Masa Pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah ternyata tidak menyurutkan semangat siswa-siswi Mts Negeri 1 Jepara untuk tetap berprestasi. Menuju penghujung tahun 2020 ini, sekolah yang sebelumnya rutin menjuarai berbagai perlombaan ini kembali menorehkan tinta emas dalam ajang kompetisi sains. Erix Misbahuddin Tri Saputro, siswa kelas 9 berhasil meraih juara dua tingkat Nasional dalam Olimpiade Fisika Islam Nasional (OFIN) 2020.

OFIN 2020 merupakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Pekan Ilmiah Sains Islam Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang pada 4 – 11 Oktober 2020. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini OFIN dilaksanakan dengan metode online atau dalam jaringan. “Meskipun dilaksanakan secara online, peserta tetap mendapatkan pendampingan dan pantauan oleh pembimbing selama persiapan,” ujar Noor Faiq selaku Waka Kesiswaan.

Juara Dua Nasional OFIN 2020

Juara Dua Nasional dalam OFIN 2020

Erix yang kali pertama mewakili sekolahnya di ajang kompetisi tingkat nasional ini merasa haru dan bangga. “Saya sempat tidak percaya dengan ini. Soal olimpiade fisika sangat rumit dan membingungkan. Tetapi alhamdulillah, usaha dan ketekunan saya dalam mengerjakan latihan selama bimbingan, membuat saya menjadi terbiasa dan bersikap tenang selama mengerjakan soal,” tuturnya. Ia menegaskan, kuncinya adalah tenang dalam berpikir dan tidak gugup.

Menanggapi kabar baik ini, Umi Hanik, Kepala MTs Negeri 1 Jepara menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian prestasi siswanya tersebut. “Terima kasih untuk Erix, selalu tingkatkan prestasi untuk menjunjung tinggi nama madrasah. Jangan pernah berhenti belajar, meski pandemi Corona belum berakhir. Semoga ini menjadi awal yang baik, menuju madrasah yang berkarakter dengan siswa-siswi yang berotak Jepang dan berhati Mekkah,” harapnya. Prestasi yang diraih ini diharapkan memberikan inspirasi maupun motivasi kepada siswa-siswi maupun guru-guru.