Better English Arabic Course (BEAC) MTsN Bawu Jepara di Candi Prambanan Yogyakarta

Anggota BEAC kelas VII MTsN Bawu Jepara sedang melaksakan pembelajaran kontekstual di sekitar candi Prambanan Yogyakarta pada tgl. 15 Maret 2017

Jepara – Pada Rabu 15 Maret 2017 BEAC ( Better English Arabic course ) MTsN Bawu Jepara mengadakan outbound ke Candi Prambanan Yogyakarta. Menurut ketuanya Abdul Jalal, BEAC merupakan kegiatan extra bahasa asing (Enggris Arab ) di MTS. Kegiatan ini diwajibkan untuk semua siswa unggulan mulai dari kelas VII sampai IX dan disunahkan bagi siswa yang bukan unggulan.

Menurut Murwat selaku Humas yg juga guru bahasa Arab, kegiatan berbahasa asing di MTsN Bawu sudah dimulai sejak tahun 2005/2006. Saat itu kamad MTsN Bawu dijabat oleh H Ah. Rif’an yang sekarang menjabat kamad MAN 2 Kudus, jadi sudah 12 tahun lamanya kegiatan ini.

Outbound kali ini hanya diikuti oleh kelas VII unggulan saja dan untuk kelas VIII dan IX tidak diikutkan karena sedang ada kegiatan lain dalam waktu yang bersamaan demikian dijelaskan oleh Nuning selaku sekretaris BEAC. Sedangkang menurut Khamdi selaku Kamad MTsN, kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemahiran siswa dalam bidang listening / istima’ dan speaking / kalam dengan penutur asli bahasa asing tersebut.

Dari berbagai kegiatan yang sangat berharga ini, terdapat satu hal yang disayangkan yaitu peserta tidak bertemu dengan tourist yang berbahasa Arab. Hal ini beda dengan pada outbound tahun lalu dimana peserta BEAC bisa bertemu dengan tourist yang berbahasa Arab. Namuntetap demikian anak anak kita tetap bersemangat dalam melaksanakan dialog dengan orang orang asing ini, hal demikian terbukti bahwa mereka minimal dapat berkenalan dan berdialog dengan sedikitnya lima orang bahkan ada yang lebih, tutur salah satu siswa. Salah satu orang asing yang ditemui dan berinteraksi dengan peserta adalah miss Megan.

Kegiatan ini diikuti oleh 51 dari kelas VII A dan VII B. Dengan 8 pembimbing baik dari guru bahasa inggris maupun guru bahasa arab.