Penyelenggaraan Try Out MTsN Bawu Menuju Sukses UNBK

Jepara – MTsN Bawu Kabupaten Jepara melaksanakan try out untuk kelas IX dalam rangka persiapan menyambut UNBK Tahun 2017. Bertempat di aula madrasah, mulai hari Senin 18 Februari 2017, try out diikuti oleh semua peserta didik kelas IX yang berjumlah 358 siswa.

Tryout berbasis komputer ini bertujuan melatih dan membiasakan siswa agar dalam mengerjakan UNBK nanti tidak gagap, bingung dan minder yang akhirnya dapat menurunkan mental mereka dalam mengerjakan soal sehingga besar kemungkinan akan mempengaruhi perolehan nilai, bisa jadi nilai UN MTsN Bawu jadi merosot tidak sesuai dengan harapan karena UNBK ini adalah baru pertama kali kami selenggarakan demikian Kamad MTsN Bawu Drs. H. Khamdi ujarnya.

Secara terpisah Wamad kurikulum Edhi Jauhari, S.Ag menambahkan try out berbasis komputer ini kali ke 2 dan insyaalloh juga yg ke 3 nanti sekitar pertengahan Maret mendatang, sedang try out ke 1 kami masih berbasis kertas dan pensil. Kami juga berusaha agar para siswa dapat mengerjakan soal ujian mendatang tetap dalam situasi dan kondisi tenang dan nyaman,

Try out yang dilaksanakan menjadi kegiatan yang sangat penting karena selain bertujuan untuk menguji sejauh mana kesiapan siswa juga memastikan kesiapan unsur-unsur lainnya khususnya semua peralatan pendukungnya. Demikian penjelasan dari Wakamad bidang sarpras Nasikhun ZM. Semua peralatan yang diperlukan untuk pelaksanaan UNBK juga diuji keberfungsian dan kehandalannya. Mulai dari jaringan, Server, UPS, listrik dan semua peralatan lain yang dibutuhkan untuk keperluan ujian.

Dengan pelaksanaan Try Out terkait pelaksanaan UNBK mendatang, peserta didik diharapkan menjadi terbiasa menggerjakan soal model UNBK, sehingga mereka dapat sukses meraih nilai terbaik.

Menurut Murwat selaku guru sekaligus wakamad bid. Kehumasan. MTs N Bawu, Dalam penyelenggaraan try out ini bekerja sama dengan PRIMAGAMA cabang Jepara, yg dibantu oleh seorang teknisi dan 3 orang proctor. Karena terbatasnya laptop yg kami miliki maka setiap harinya try out dibagi 3 sesi , yaitu sesi pertama jam 07.15 09.15 WIB, sesi kedua jam 09.30 11.30 WIB dan sesi ketiga jam 11.45 13.45 WIB.

Try out dilaksanakan selama empat hari, setiap mapel dilaksanakan satu hari. Hari pertama, senin 13/2 mapel Bahasa Indonesia, selasa 14/2 Matematika, kamis 16/2 Bahasa Inggris dan Jumat 17/2 mata pelajaran IPA. (jpr/bd)