Pilih Mana Sekolah Mahal atau Sekolah Standar ?

MTsN Bawu – Pilih Mana Sekolah Mahal atau Sekolah Standar tapi tetap memiliki kualitas pendidik yang berkualitas? Ini memang menjadi masalah di dunia pendidikan Indonesia. Nyatanya banyak sekolah berkualitas dan memiliki sarpras yang bagus tapi juga dibarengi dengan biaya yang dikeluarkan sangat mahal.

Saat ini banyak sekolah menawarkan pendidikan komplet dan terpadu serta mengusung kurikulum internasional. Biaya pendidikan di sekolah tersebut pun cukup menguras keuangan. Padahal, sekolah mahal belum tentu bagus.

Pengamat Pendidikan, Arief Rachman menilai, sekolah mahal tidak selalu memberikan memberikan pendidikan berkualitas baik. “Kita harus menghilangkan mindset bila sekolah mahal adalah sekolah yang bagus,” ujar Arief.

BISNIS/RACHMAN Siswa tengah mengikuti mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Laboratorium Komputer SMAN 5 Bandung, salah satu SMA Negeri RSBI di Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/1). Dengan keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang menghapus sistem Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), maka ke depan sekolah-sekolah negeri berkualitas dapat diakses oleh seluruh warga.

Meski begitu, para orangtua memang tidak boleh lengah menyiapkan dana pendidikan bagi anak-anak mereka sedini mungkin. Di sisi lain, Arief mengingatkan, para orangtua sebaiknya memilih sekolah berdasarkan lingkungannya.

“Pilih yang lingkungannya menyenangkan untuk anak-anak kita. Sekolah menyenangkan juga dipengaruhi oleh kepala sekolah yang baik,” tambahnya.

Jika anda rasa sekolah dilingkungan anda sudah memiliki standar pendidikan yang layak dan biaya pun relatif murah tentunya ini bisa jadi pilihan bagi anak anda agar pendidikan tetap berjalan dengan baik.